FakultasJurusan Pendidikan MIPA

Mahasiswa Tadris Biologi Praktikum lapangan di Taman Nasional Sebangau

Program studi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya melaksanakan kegiatan Praktikum Lapangan dalam rangka Praktikum Lapangan untuk mata kuliah pengetahuan lingkungan, ekologi, dan ekologi lahan gambut. Kegiatan ini dilaksanakan 1 hari saja, yaitu pada hari Senin, 27 Mei 2024 di Taman Nasional Sebangau resort Habaring Hurung, Tangkiling km 29.

Kegiatan ini diikuti 58 mahasiswa tadris biologi . Sedangkan Dosen yang mendampingi mahasiswa praktikum diantaranya Dr. Jumrodah, S.Si, M.Pd dan Ayatusa’adah, M.Pd serta 1 staff Hidayati Rahimah, S.Pd .

Mahasiswa dibagi menjadi 2 kelompok. 32 mahasiswa semester 2 yang mengambil mata kuliah pengetahuan lingkungan memfokuskan untuk memahami populasi, komunitas, ekosistem, serta lahan subur dan kontaminan. Sedangkan 26 mahasiswa semester 6 meneliti analisis vegetasi, arthropoda tanah, tingkat kematangan gambut, dan perilaku hewan endemik.

Selama praktikum mahasiswa membuat plot dengan jarak dan ukuran tertentu, kemudian menganalisis keanekaragaman flora dan fauna apa saja yang terdapat di dalam plot tersebut. Tentunya kegiatan tersebut, mahasiswa tidak melakukan sendiri tetapi juga didampingi oleh pihak Balai Taman Nasional Sebangau sebanyak 6 orang.

Melibatkan mahasiswa secara langsung di lapangan, diharapkan kegiatan praktikum ini dapat memberikan pengalaman secara langsung dalam memahami lingkungan dan ekologi di lahan gambut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *