Webinar Nasional Jurusan Pendidikan MIPA FTIK IAIN Palangka Raya

Palangka Raya, — Webinar Nasional dengan tema “Pembelajaran Fisika Adaptasi Kebiasaan Baru”. Sukses diselenggarakan atas Kerjasama Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (PMIPA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya dengan Prodi Magister Pendidikan Fisika (MPFis) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika SMA/MA Kota Palangka Raya melalui Zoom Meeting Room  yang diselenggarakan pada Selasa, (02/03/2021). Webinar dibuka oleh Dekan FTIK IAIN Palangka Raya, Ibu Dr. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd

Dalam sambutannya Dekan FTIK IAIN Palangka Raya mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh jurusan PMIPA ini dan berharap realisasi kerjasama antara FTIK IAIN Palangkaraya dan Universitas Ahmad Dahlan dapat terus berlanjut dengan baik, selain itu beliau juga menyampaikan bahwa pembelajaran di masa pandemi ini harus diisi dengan berbagai inovasi-inovasi baru. Sebelumnya, sambutan disampaikan oleh Ketua Program Studi MPFis Bapak Dr. Moh. Toifur, M.Si, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pembelajaran fisika pada masa pandemi ini perlu beradaptasi dengan kebiasaan baru yaitu dengan pembelajaran yang berbasis IT.

Acara inti dalam webinar ini yaitu penyampaian materi oleh narasumber yang dipandu oleh Moderator Hadma Yuliani, M.Pd., M.Si yang juga selaku Ketua Prodi Tadris Fisika FTIK IAIN Palangka Raya. Adapun Materi pertama adalah Eksperimen Fisika Menggunakan RPhy-Lab yang dipaparkan oleh Bapak Dr. Ishafit, M.Si Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan. Pemateri pertama membahas bagaimana menggunakan Remote Laboratory untuk memudahkan melakukan eksperimen secara langsung meski dari jarak jauh. Berikutnya, narasumber kedua adalah Bapak Okimustava, M.Pd.Si Kepala Laboratorium MPFis dengan materi Pembelajaran Menggunakan Lightboard Learning. Beliau membahas bagaimana membuat pembelajaran daring yang lebih menarik sehingga para siswa dapat memahami apa yang diajarkan Guru.

Pemateri ketiga yaitu Ibu Nadia Azizah, M.P.Fis selaku dosen tadris fisika IAIN Palangkaraya memaparkan materi tentang Teknik Tracker untuk analisis video. Beliau membahas tentang bagaimana cara menggunakan tracker untuk melakukan praktikum fisika yang lebih menarik tanpa perlu instrumen dan apparatus praktikum yang rumit, sehingga siswa lebih bisa memahami konsep yang disampaikan. Pemateri terakhir yaitu Ibu Sri Fatmawati, M.Pd sebagai Calon Doktor Prodi Tadris Fisika FTIK IAIN Palangka Raya membahas materi tentang Higher Order Thinking dalam Pembelajaran Fisika. Beliau memaparkan tentang bagaimana membuat soal yang mampu membuat iswa berpikir lebih kritis dan terstruktur sehingga dapat memahami konsep-konsep kefisikaan.

Jumlah peserta yang mengikuti webinar sebanyak 217 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Peserta webinar berasal dari kalangan dosen, guru, mahasiswa dan pemerhati pendidikan. Selama mengikuti webinar, para peserta seminar terlihat sangat antusias. Hal ini terlihat bahwa dari awal acara sampai berakhirnya acara, jumlah peserta dalam Room Zoom Meeting tetap terus mengikuti jalannya kegiatan. Di samping itu, banyak dari peserta yang bertanya dan mengajukan raise hand. Karena waktu yang terbatas maka panitia mengakhiri kegiatan webinar, namun peserta masih melanjutkan diskusi meski acara sudah ditutup oleh Panitia.

Selain itu, semua peserta memberikan feedback positif kepada penyelenggara webinar melalui google formulir. Umumnya para peserta memberikan  pesan dan kesan yang positif serta berharap diadakan kembali kegiatan yang serupa. (rrud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *