Tingkatkan Kualitas Lulusan, FTIK Gelar Worskhop Dosen Pembimbing Praktek Mengajar

Mengajar adalah keahlian utama yang harus dimiliki setiap lulusan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Pembelajaran yang diselenggarakan tidak hanya teoretis tapi juga praktis. Untuk itu, di FTIK para mahasiswa diberikan bimbingan praktek mengajar.

Para dosen pembimbing pun diberikan arahan khusus seputar bimbingan praktek mengajar. Pada Kamis (22/2) lalu, FTIK menyelenggarakan Workshop Dosen Pembimbing Praktek Mengajar I. Bertempat di Lab. Mikroteaching I, workshop dihadiri 46 peserta, yang seluruhnya adalah dosen di lingkungan FTIK. Mereka akan ditugaskan membimbing Praktek Mengajar 1 (PM 1) di semester genap ini.

Asmawati, M.Pd, ketua panitia workshop, menyampaikan, “kegiatan ini untuk menyamakan persepsi di antara para dosen pembimbing tentang pelaksanaan Praktek Mengajar I, serta memberikan arahan-arahan seperlunya. Agar pelaksanaan PM 1 berjalan lancar dan efektif.”

“Para pembimbing harus mampu memahamkan para mahasiswa tentang dua belas keterampilan. Salah satunya misalkan, kemampuan mengoreksi kesalahan siswa di kelas. Apa yang harus dilakukan guru saat ada siswa memberikan jawaban salah. Jangan sampai guru merespon dengan cara yang merugikan siswa secara psikologis,” tambahnya.

Dalam sambutannya Dekan FTIK, Drs. Fahmi, M.Pd, berharap PM kali ini harus lebih baik dari yang sebelumnya. Sebab mengajar adalah keahlian utama dari para lulusan kita. FTIK IAIN Palangka Raya harus mampu menghasilkan para calon guru yang professional dan mampu mendayagunakan media-media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan tuntunan zaman. Untuk itu, peran para pembimbing PM sangat menentukan.

Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber yang ahli dalam bidangnya masing-masing. Ketiganya adalah dosen internal di IAIN Palangka Raya. Dra. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd, menyampaikan tentang kebijakan pelaksanaan praktek mengajar I; Dr. H. Mazrur, M.Pd tentang prosedur pelaksanaan praktek mengajar I; dan Dr. Hj. Hamdanah, M. Ag tentang dua belas keterampilan mengajar. (CP.)