Seminar Nasional dan Pelantikan PSPII Kalteng

Ratusan mahasiswa dan alumni Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) menghadiri rangkaian kegiatan Seminar Nasional dan Temu Alumni di Aula IAIN Palangka Raya, Kamis (5/11) kemarin. Seminar yang menhadirkan narasumber Ketua Perkumpulan Sarjana Pendidikan Islam Indonesia (PSPII), Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si itu mengambil tema Peran dan Strategi Sarjana Pendidikan Islam dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik. Para peserta juga mendapat gambaran konkrit seputar peran Sarjana Pendidikan Islam di Kalimantan Tengah oleh H. Abdul Rahman, M.Pd, Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah.

Sebelum seminar dimulai, diadakan pelantikan pengurus Perkumpulan Sarjana Pendidikan Islam Indonesia (PSPII) Kalteng. Disaksikan tak kurang dari 700 alumni dan mahasiswa FTIK, PSPII Kalteng pun resmi dibentuk dengan ketua Dr. H. Mazrur, M.Pd, sekretaris Gito Supriadi, M.Pd, dan bendahara Dr. Hamidah, MA., ketiganya dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya.

“Ini adalah momen penting bagi segenap Sarjana Pendidikan Islam di Kalimantan Tengah. Melalui perkumpulan ini, para sarjana pendidikan Islam bisa menyalurkan gagasan-gagasannya untuk berbagai persoalan dan perkembangan kependidikan Islam di Kalimantan Tengah,” ujar Prof. Mahmud dalam sambutannya.

“Para pengurus PSPII memiliki tantangan besar untuk merekonstruksi konsep-konsep pendidikan Islam yang selama ini berkembang, bahkan dari tataran epistemologinya. Konsep-konsep tersebut harus berbasis pada prinsip Islam rahmatan lil ‘alamin dan disesuaikan dengan kultur dan kebutuhan masyarakat di daerah masing-masing,” imbuhnya.

Prof. Mahmud sangat optimis dengan berbagai kemajuan pesat yang sudah diraih IAIN Palangka Raya. Kedepan, para siswa di Kalimantan Tengah tidak perlu lagi pergi jauh ke kampus-kampus di Pulau Jawa untuk melanjutkan studi tentang Pendidikan Islam. Karena di Kalimantan Tengah pun, sudah tersedia program-program studi pendidikan Islam yang berkualitas. Hadirin pun menyambut meriah dengan tepuk tangan. (CP)

 

One thought on “Seminar Nasional dan Pelantikan PSPII Kalteng

  • 6 Oktober 2017 pada 7:42 AM
    Permalink

    Mantap sukses FTIK

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *