SEJARAH SINGKAT FAKULTAS

A. Sejarah Singkat Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) berdiri berdasarkan PMA RI No. 8 Tahun 2014 Tentang Ortaker IAIN Palangka Raya Pasal 11. FTIK merupakan pengembangan dari Jurusan Tarbiyah STAIN Palangka Raya, berdasarkan Keppres RI No. 11 Tahun 1997 Tentang Pendirian STAIN Palangka Raya yang saat itu terdiri dari 5 Prodi yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Tadris Bahasa Inggris (TBI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Tadris Fisika (TFS),dan Tadris Biologi (TBG).

berdasarkan SK Rektor IAIN Palangka Raya, Nomor: 80/2015 pada tanggal 12 Maret 2015 tentang nama Fakultas, Jurusan dan Prodi di lingkungan IAIN Palangka Raya saat ini terbagi ke dalam tiga jurusan, yaitu Jurusan Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Jurusan MIPA. Jurusan Tarbiyah terdiri dari empat Prodi, yaitu Prodi PAI, prodi PGMI, prodi MPI, dan Prodi PGRA. Jurusan Pendidikan Bahasa terdiri dari dua Prodi yaitu Prodi TBI dan Prodi PBA. Sedangkan Jurusan Pendidikan MIPA terdiri dari dua Prodi yaitu Prodi TBG dan Prodi TFS.

B. Arah Pengembangan Program Studi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Pengembangan Program Studi pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya akan diarahkan pada pengembangan dua Prodi baru yaitu Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Pendidikan Kimia. Kedua Prodi tersebut akan disiapkan untuk melengkapi persyaratan membuka Fakultas MIPA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *