RAPAT PELAKSANAAN PROGRAM MBKM

PALANGKA RAYA. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya melaksanakan rapat dengan agenda pelaksanaan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) pada selasa 26/04.  Bertempat di ruang rapat Dekan FTIK, rapat dipimpin oleh Wakil Dekan bidang akademik, Dr. Nurul Wahdah, M.Pd. Kegiatan rapat dihadiri oleh Dekan FTIK IAIN Palangka Raya, Dr. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd., 3 Ketua Jurusan, dan 8 Ketua Program Studi yang ada di lingkungan FTIK.

Program MBKM masuk dalam Perjanjian kenerja Pimpinan baik ditingkat rektorat maupun dekanat yang ada di IAIN Palangka Raya. Sampai sekarang sudah ada 4 program studi yang sudah melaksanakan program MBKM di FTIK yaitu prodi Tadris Biologi, Tadris Fisika, Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab. Sementara itu, untuk 4 program studi yang belum melaksanakan program MBKM diharapkan dapat melaksanakan Program MBKM pada Semester ganjil Tahun Akademik 2022-2023.

Pada semester depan terdapat program magang MBKM selama 1 semester. Program Magang MBKM memiliki Tujuan memberikan pengalaman yang cukup kepada mahasiswa, pembelajaran langsung di tempat kerja (experiential learning). Selama magang mahasiswa akan mendapatkan hardskills (keterampilan, complex problem solving, analytical skills, dsb.) dan soft skills (etika profesi/kerja, komunikasi, kerjasama, dsb).

Pelaksanaan Magang MBKM dapat Memiliki Bobot 12 SKS yang di dalamnya mahasiswa dapat sekaligus melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Penelitian dan menyelesaikan Tugas Akhir. Program magang MBKM dapat ditindak lanjuti oleh program studi Management Pendidikan Islam.  Sementara itu, untuk 3 program studi yang lainnya dapat melaksanakan Program Asistensi Mengajar MBKM.

Kegiatan pembelajaran dalam bentuk asistensi mengajar dilakukan oleh mahasiswa di satuan pendidikan seperti sekolah dasar, menengah, maupun atas. Sekolah tempat praktik mengajar dapat berada di kota maupun di daerah terpencil. Kegiatan pembelajaran dalam bentuk asistensi memiliki tujuan memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan untuk turut serta mengajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi guru di satuan Pendidikan, membantu meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan, serta relevansi pendidikan dasar dan menengah dengan pendidikan tinggi dan perkembangan zaman.

Program Asistensi Mengajar MBKM yang di lakukan oleh FTIK IAIN Palangka Raya mencakup di dalamnya KKN, Magang dan penelitian PTK.  Program tersebut juga melibatkan pihak sekolah di tempat pelaksanaan asistensi mengajar MBKM yang berada di pelosok daerah di Kalimantan tengah.

Selain membahas mengenai pelaksanaan MBKM, kegiatan rapat juga menyampaikan dan melaporkan progress pengisian instrument akreditasi untuk 3 program studi yaitu Prodi Tadris Fisika, Prodi Tadris Bahasa Inggris dan Prodi Tadris Biologi oleh Wakil Dekan I FTIK. Khusus untuk Prodi Tadris Fisika progress sudah mencapai 90% dan akan diselesaikan sebelum pelaksanaan cuti Bersama Lebaran sehingga siap di submite pada 10 Mei 2022 pada LAMDIK, sebelum habisnya masa berlaku Akreditasi Program studi. Selanjutnya, Dekan mengingatkan kepada Ketua Jurusan PMIPA dan Jurusan Pendidikan Bahasa agar memperhatikan penjadwalan munaqasah, khususnya untuk prodi yang mendekati habisnya masa akreditasi. Hal ini bertujuan agar penjadwalan pelaksanaan munaqasah dilakukan sebelum habisnya masa akreditasi prodi (*rud)

One thought on “RAPAT PELAKSANAAN PROGRAM MBKM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.