Prodi Tadris Biologi

Program Studi (Prodi) Tadris Biologi secara resmi mulai melaksanakan aktivitas kegiatan belajar mengajarnya (KBM) sejak bulan Juli 2006, berdasarkan diterbitkannya SK Ketua STAIN Palangka Raya, nomor 137/SK/2007, yang diperkuat dengan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.22/DIKTI/Kep/1989. Secara struktural, Prodi Tadris Biologi berada di bawah Jurusan Tarbiyah FTIK-IAIN Palangka Raya.

Di awal pembentukannya telah disusun visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi oleh para pendiri Prodi S-1 Tadris Biologi ini, seperti yang akan diuraikan di bawah. Perumusan visi tersebut didasarkan pada permasalahan pendidikan dan lingkungan yang sangat mengemuka saat ini, yaitu pendidikan yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman dan pengembangan potensi lokal yaitu pengembangan konsep Bioteknologi Herbal. Secara keseluruhan bahwa kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari norma-norma agama untuk mengatur hubungan manusia dengan lingkungannya maupun manusia dengan Tuhannya.

Permasalahannya adalah norma-norma agama tersebut semakin memudar dalam masyarakat sehingga perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak diimbangi dengan akhlak yang baik, sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan mengarah pada kerusakan ekosistem dan gangguan pada sosial masyarakat.

Dampak lain adalah pada hilangnya potensi alam yang mempunyai banyak mafaat, khususnya yang berkaitan dengan etnobotani. Tantangan terbesar bagi putera daerah adalah mengekplorasi dan melestarikan biodiversitas serta menjaga lingkungan untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan yang di dasari dengan nilai-nilai islami. Fakta dan permasalah tersebut lebih lanjut menjadi permasalahan global, karena menyangkut keselamatan umat manusia secara keseluruhan dan hanya dapat diselesaikan dengan menggunakan konsep biologi yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman melalui pendidikan.

Pada tahun 2015 Prodi Tadris Biologi telah menetapkan Visi, Misi dan tujuan sampai tahun 2023, dengan harapan dapat menjadi lebih visioner untuk menyelesaikan permasalahan dan pendidikan, atau disebut Visi 2015 Berdasarkan Visi 2015 tersebut Prodi Tadris Biologi melaksanakan pendidikan yang akan menghasilkan lulusan dengan kemampuan penguasaan konsep modern yang mengarah pada Bioteknologi Herbal dan memiliki kemampuan life skill yang berlandaskan nilai-nilai keislaman sehingga dapat dikatakan sebagai Sarjana Pendidikan Biologi Kompetitif dan Berakhlakul Karimah

Konsep biologi modern terfokus pada prinsip dan topik Bioteknologi Herbal yang berkontribusi pada pemecahan problem biologi yang lebih kompleks dan mengangkat kearifan lokal Kalimantan Tengah. Dengan demikian, melalui pemahaman konsep dan pedagogik yang komprehensif, maka lulusan Prodi Tadris Biologi diharapkan memiliki profesionalitas dan life skill yang unggul, di antaranya: sikap pribadi, percaya diri, kemampuan bekerja dalam tim secara interdispliner dan perbedaan (kultur, bahasa dan lain-lain), kemampuan berkomunikasi lisan dan tulisan, bekerja keras dalam tekanan, kejujuran, kedisiplinan, mandiri, kreatif dan berinisiatif. Melalui karakter ini diharapkan lulusan memiliki kompetensi sebagai guru profesional dan bio-entrepreneurship dalam setiap kegiatan pembelajaran di Prodi Tadris Biologi IAIN Palangka Raya. Penanaman karakter ini berlangsung terus menerus sebagai kebiasaan baik yang dilatih selama pendidikan, sehingga diharapkan lulusan Prodi Tadris Biologi mampu memiliki keunggulan pengetahuan dan ketangguhan mental serta islami sebagai bekal berkompetisi di dunia kerja.

Visi

Visi Program Studi Tadris Biologi disusun dengan mengacu pada Visi IAIN Palangka Raya dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya. Adapun Visi IAIN Palangka Raya adalah:

Tahun 2023 menjadi Universitas Islam Negeri Palangka Raya terdepan, unggul, terpercaya, dan berkarakter.”

Sementara Visi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya adalah:

Unggul dalam mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional dan berkarakter islami.”

Selanjutnya Visi Jurusan Pendidikan MIPA IAIN Palangka Raya adalah:

Jurusan yang unggul dan kompetitif di bidang pendidikan MIPA yang berkarakter.”

Berdasarkan Visi IAIN Palangka Raya dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya, maka Visi Prodi Tadris Biologi adalah:

Menjadi Program Studi Tadris Biologi yang Unggul dan Berkarakter.”

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, selanjutnya dirumuskan misi Program Studi Tadris Biologi IAIN Palangka Raya sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Biologi yang menguasai konsep Bioteknologi Herbal dengan menjunjung tinggi bioetika Islam dan mampu bekerjasama secara interdisiplin.
  2. Mendidik mahasiswa untuk memiliki keterampilan praktis dan mampu melakukan supervisi dalam penelitian
  3. Mendidik mahasiswa agar mampu mandiri dan berakhlakul karimah dalam mengembangkan dan menyelesaikan permasalahan keilmuan bidang pendidikan biologi, kompetitif, serta memiliki daya saing di tingkat nasional

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi di atas, maka tujuan yang ingin diwujudkan oleh Prodi Tadris Biologi IAIN Palangka Raya sebagai berikut:

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan Biologi yang berkualitas, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berjiwa entrepreneur, sehingga menjadi tenaga kerja profesional dan kompetitif yang mampu bersaing di tingkat nasional
  2. Mengembangkan konsep Bioteknologi Herbal untuk mendorong pembangunan berkelanjutan secara interdisiplin
  3. Memiliki kemampuan dalam menerapkan konsep inovasi Bioteknologi Herbal melalui pemberdayaan masyarakat.

Kurikulum

Berikut daftar mata kuliah yang diselenggarakan di Prodi TBG: Klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *