Prodi Tadris Biologi IAIN Palangka Raya Produksi Hand Sanitizer

Kasus positif Covid-19 di Kota Palangka Raya terus bertambah. Menyikapi itu, mahasiswa dan dosen IAIN Palangka Raya berinisiatif memproduksi hand sanitizer guna turut berpartisipasi mengurangi penyebaran Covid-19.

Produksi hand sanitizer ini dilaksanakan pada Kamis (23/04) di Laboratorium Terpadu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya.  Kegiatan ini diprakarsai oleh Prodi Tadris Biologi dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Biologi.

Anggota HMPS Biologi yang turut berpartisipasi berjumlah 5 orang. Sedangkan para dosen yang terlibat antara lain Ketua Program Studi Tadris Biologi sendiri, Nanik Lestariningsih, M.Pd, RidhaNirmalasari, S.Si., M.Kes., Nurul Septiana, M.Pd., Ayatussa’dah, M.Pd., dan beberapa lainnya.

Bahan-bahan yang digunakan dalam produksi hand sanitizer di antaranya Etanol 96 % sebanyak 833 mL, Hidrogen Peroksida 3 % sebanyak 41,7 mL, Gliserol 98 % sebanyak 14,5 mL dan Aquadest sebanyak 1000 mL.

“Bahan-bahan tersebut untuk 1 liter produksi yang memang sudah sesuai dengan standar WHO ,” ujar Alfina Mu’minah,salah seorang anggota HMPS yang terlibat.

Koordinator kegiatan yang sekaligus KetuaJurusan PMIPA, Mukhlis Rohmadi, M.Pd., mengatakan, “Hand sanitizer akan diproduksi sebanyak 8 liter untuk dibagikan gratis kepada masyarakat dan rumah sakit sekitar Palangkaraya.”

Rektor IAIN Palangkaraya, Dr. H. Khairil Anwar,M.Ag., juga turut mendukung kegiatan ini. Rektor menyampaikan ini adalah salah satu upaya dalam mengantisipasi penyebaran pandemik Covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *