Pertama di Kalimantan, FTIK IAIN Palangka Raya Digandeng BATAN Kembangkan Laboratorium Nuklir

Rabu (4/9), Prodi Tadris Fisika adakan kuliah dosen tamu oleh Kepala Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Republik Indonesia, Umar Syaiful Hidayat, M.Eng. Bertempat di Laboratorium Fisika, kuliah diikuti oleh puluhan mahasiswa TFS. Namun ini bukan kuliah biasa. Ini adalah kuliah video conference. Para peserta diajak berinteraksi langsung dengan tim ahli di kantor BATAN melalui media video conference dan dipandu oleh ahli dari BATAN itu.

Saat ini, BATAN mempunyai program Internet Reactor Laboratory (IRL). Program ini diselenggarakan dengan bekerjasama dengan kampus-kampus pilihan di seluruh Indonesia. Di pulau Kalimantan, IAIN Palangka Raya terpilih sebagai mitra untuk program tersebut. Laboratorium Fisika Prodi TFS akan menjadi tempat praktikum bagi matkuliah Fisika Inti atau matakuliah lainnya yang terkait dengan nuklir. Tidak hanya bagi mahasiswa dan dosen di lingkungan IAIN Palangka Raya, tapi juga mahasiswa, dosen dan peneliti lainnya di Kalimantan.

Dalam sambutannya, Dekan FTIK, Dr.H.Rodhatul Jennah, M.Pd., sangat mengapresiasi tawaran kerjasama dari BATAN RI ini. “Kami mendukung penuh program ini diselenggarakan di fakultas kami. Kegiatan uji coba hari ini akan menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk mempersiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan ke depannya.”

Wakil Dekan I FTIK, Dr. Nurul Wahdah, M.Pd., optimis kerjasama ini akan mendongkrak nilai akreditasi Prodi TFS dan institusi. “Untuk itu, kita harus sambut baik peluang emas ini.” (CP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *