PENJEMPUTAN MAHASISWA KKN TEMATIK

Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat, di luar kampus, secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi potensi dan menangani masalah sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi desa/daerah dan meramu solusi untuk masalah yang ada di desa. KKNT diharapkan dapat mengasah soft skill kemitraan, kerja sama tim lintas disiplin/keilmuan (lintas kompetensi), dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah pedesaan.

Dekan FTIK IAIN Palangka Raya beserta Wakil Dekan Bidang Akademik sekaligus Ketua pelaksana Program MBKM FTIK IAIN Palangka Raya dan Jajaran Pengurus KKN Tematik melakukan Penjemputan Mahasiswa Setelah kurang lebih 5 bulan melaksanaka KKN Tematik di kecamatan Bukit Batu Kota palangka Raya.

Dalam kegiatan penjemputan yang bertempat di aula pertemuan kecamatan bukit batu (20/6), acara tersebut turut dihadari Pihak kecamatan Bukit Batu, Lurah Tumbang Tahai/Tangkiling, Lurah Habaring Hurung, Lurah Banturung, dan Tokoh  Mayarakat serta Tokoh Agama. Dalam penyampaian pesan dan kesan serta masukan oleh masing-masing kelurahan, semua sepakat bahwa KKN Tematik dinilai lebih Efektif dibandingkan KKN Reguler. Hal ini dikarenakan KKN Tematik dengan durasi waktu yang lama dapat membantu masyarakat menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat dan mengoptimalkan potensi desa dilokasi di selenggarakannya KKN serta mampu mengembangkan SDM yang ada di desa menjadi lebih berkembang. Selain itu, 3 kelurahan yang ada juga meminta agar KKN Tematik seperti ini tidak menjadi yang terakhir di kelurahan mereka. Mereka meminta agar kedepannya KKN Tematik bisa ditempatkan kembali di wilayahnya.

Penyampaian Kesan dam Pesan dari Tiap Kelurahan

Selain itu, pihak kecamatan yang diwakili oleh sekretaris kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya menyampaikan masukan agar KKN Tematik yang akan datang bisa lebih banyak menjangkau desa-desa yang ada di wilayahnya, sehingga semua desa dapat menerima manfaat yang sama seperti 3 kelurahan yang ada. Dengan keberadaan mahasiswa KKN Tematik di sana, diharapkan dapat membantu mengembangkan desa menjadi lebih unggul berdasarkan potensi yang dimiliki.

One thought on “PENJEMPUTAN MAHASISWA KKN TEMATIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.