Orientasi Pembimbing Praktik Mengajar 1 FTIK IAIN Palangka Raya Tahun 2021

Selasa (2/3) Orientasi pembimbing praktik mengajar 1 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting. Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd selaku Dekan FTIK IAIN Palangka Raya. Dalam sambutannya Dekan berharap kegiatan Praktik Mengajar 1 dapat berjalan dengan baik dan lancar walaupun masih dalam masa pandemic Covid-19 dan pada para pembimbing agar bisa membimbing semaksimal mungkin walaupun proses bimbingan sebagian dilaksanakan secara daring. Dekan juga menyampaikan kepada Bapak pemateri bisa memberikan masukan demi perbaiakan pelaksanaan Praktik Mengajar 1 yg akan dilaksanakan serta yg akan datang dan pelaksanaan praktik mengajar 2 nantinya.

Dr. Marsiah, MA selaku ketua panitia Praktik Mengajar 1 menyampaikan tentang sistem pelaksanaan Praktik Mengajar 1. Beliau menginformasikan bahwa jumlah peserta yang memprogramkan mata kuliah Praktik Mengajar 1 ialah berjumlah 335 orang yang terdiri dari 5 program studi yaitu (1) PAI berjumlah 146 orang, (2) TBI berjumlah 96 orang, (3) PBA berjumlah 30 orang, (4) TBG berjumlah 35 orang, dan (5) TFS berjumlah 28 orang. Sedangkan jumlah pembimbing Praktik Mengajar 1 ialah 40 orang yang terdiri dari (1) PAI 18 orang, (2) TBI 12 Orang, (3) PBA 3 orang, (4) TBG 4 orang, dan (5) TFS 3 orang.

Praktik Mengajar 1 dilaksanakan secara offline di gedung perkuliahan FTIK IAIN Palangka Raya pada gedung F2 atau gedung perkuliahan MIPA dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Praktik Mengajar 1 dilakukan 2 rolling, rolling 1 dengan 3 kali pertemuan, lalu dilanjutkan dengan ujian tahap 1 danĀ  rolling 2 dengan 2 kali pertemuan. Perkuliahan Praktik Mengajar 1 dilaksanakan setiap hari sabtu dan akan dimulai pertemuan pertama pada tanggal 13 Maret 2021. Orientasi Praktik Mengajar 1 untuk mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah tersebut akan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 6 Maret 2021.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Dr. Sugeng, M.Pd selaku Widyaiswara Ahli Madya LPMP Kalteng. Ada beberapa hal yang beliau sampaikan terkait orientasi pembimbing Praktik Mengajar 1 yaitu problematika mahasiswa PPL, isu terkini yang perlu dikuasai mahasiswa PPL, serta pengembangan RPP berbasis kecakapan abad 21. Dalam penyampaian materinya belia mengharapkan agar para dosen pembimbing juga mempelajari hal-hal terbaru atau terupdate seputar orientasi dalam mengajar sebagaimana hal-hal yang beliau sampaikan dalam materinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *