Mahasiswa MBKM Mensosialisasikan Pentingnya Pendidikan di Kelas VI SDN Pilang 1 Kecamatan Jabiren Raya

Pendidikan adalah pengamalan atau latihan yang teratur dan sistematis bagi peserta didik yang matang dengan menanamkan pengetahuan dan melatih berbagai keterampilan, sehingga menanamkan nilai sikap yang baik terhadap kehidupan. Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Pasal 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah lingkungan belajar dan lingkungan belajar yang memungkinkan peserta didik secara aktif mengembangkan kemampuan, jiwa keagamaan, pengembangan diri, kecerdasan, dan keluhuran budi. Ini menyatakan itu sebagai upaya sadar dan mengintimidasi untuk menciptakan sebuah proses.

Pendidikan merupakan pondasi dasar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Negara maju adalah negara yang lebih memperhatikan pendidikannya sendiri, karena pendidikan merupakan investasi dalam pembangunan nasional. Pendidikan mempersiapkan orang dengan pengetahuan dan keterampilan yang berbeda untuk masa depan. Oleh karena itu, pendidikan yang diberikan kepada anak-anak negara harus berkualitas tinggi.

Di SDN Pilang 1 baru melakukan proses pembelajaran offline setelah pasca pandemic 2 tahun lamanya, tentunya banyak dari siswa terlena akan pembelajaran online dan menyepelekan pentingnya pendidikan. Sebagai wujud pengabdian kami mahasiswa/i program MBKM Asistensi Mengajar Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya kepada SDN Pilang 1 untuk itu kami berinisiatif untuk melakukan sosialisai mengenai pentingnya pendidikan, berdasarkan pantauan di lapangan ada beberapa anak seusia Sekolah Dasar ditemukan masih memiliki pandangan yang cukup surut mengenai pendidikan sehingga tidak terlalu berminat untuk mengenyam pendidikan lebih lanjut.

Adapun rangkaian kegiatan yang kami lakukan dalam sosialisasi ini yaitu kami melakukan sosialisasi pada anak-anak kelas tinggi yaitu kelas VI SDN Pilang 1. Adapun maksud dan tujuan dari sosialisasi ini yaitu untuk mengingatkan kembali kepada siswa akan pentingnya pendidikan bagi mereka di masa yang akan dating. Pendidikan tidak hanya berhenti ditingkat Sekolah Dasar melainkan dapat terus berlanjut ke jenjang Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas bahkan dapat dilanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi.

Hasil dari kegiatan ini adalah para peserta didik lebih memahami dan termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya setelah lulus dari SDN Pilang 1 Kecamatan Jabiren Raya. Pada akhir kegiatan pihak Sekolah berharap agar kegiatan pengabdian dapat dilaksanakan kembali di waktu yang akan dating, dikarenakan kegiatan seperti ini sangat bermanfaat dalam memotivasi untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.