Mahasiswa MBKM Eksiskan Kembali Ekstrakurikuler Pramuka di SDN Pilang 1 Untuk Kembalikan Karakter Siswa

Kepramukaan merupakan bagian dari proses pembelajaran di satuan pendidikan. Dalam kegiatan kepramukaan tentunya perlu adanya muatan-muatan yang menjadi konten pokok dalam kepramukaan, sehingga dalam kegiatannya menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi siswa. Pendidikan kepramukaan itu adalah proses pembentukan kepribadian dan kecakapan hidup melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Inilah yang menjadi spirit mengapa pendidikan kepramukaan diwajibkan sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah.

Kegiatan pramuka di SDN Pilang 1 sempat vakum dikarenakan pandemi Covid-19. Sebagai wujud pengabdian kami mahasiswa/i program MBKM Asistensi Mengajar Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya kepada SDN Pilang 1 untuk itu kami berinisiatif menawarkan kepada pihak sekolah untuk mengeksiskan kembali kegitan pramuka yang ada di SDN Pilang 1 ini, tentunya pihak sekolah juga secara tegas menyetujui hal tersebut. Kegiatan pramuka di SDN Pilang 1 ini diikuti oleh peserta dari kelas IV, V dan VI, adapun rangkaian

Kegiatan pramuka di SDN Pilang 1 ini diikuti oleh peserta dari kelas IV, V dan VI, adapun rangkaian kegiatan pertama yang diajarkan adalah mengenalkan Pramuka terlebih dahulu kemudian kepada anggota Pramuka tingkat siaga yaitu mengenalkan Kode Etik Dwi Satya dan Dwi Darma. Kode Etik ini memuat ketentuan dasar yang berisi janji, nilai dan norma yang harus diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Kode Kehormatan ini juga dikenal sebagai Kode Etik dalam kehidupan individu dan masyarakat.

Dengan dimulainya kembali kegiatan Pramuka di SDN Pilang 1 diharapkan dapat memperkuat proses pembentukan karakter di sekolah dengan meningkatkan pembelajaran dalam pendidikan Pramuka. Pramuka juga bertujuan untuk membantu membentuk kepribadian yang sesuai dengan profil siswa Pancasila. Selain itu, melalui Pramuka, anak-anak dibina menjadi jiwa pancasila, loyalitas, warga negara persatuan NKRI yang taat, masyarakat yang baik dan berguna yang mampu membangun bangsa dan negara, peduli sesama meningkat. Eksistensi yang menghargai makhluk hidup dan lingkungan alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.