Mahasiswa KKN Tematik Sukamulya Adakan Kegiatan Pelatihan Kepengurusan Jenazah dan Pengkaderan

Jum’at (18/03/2022), Mahasiswa KKN Tematik IAIN Palangka Raya kelompok Sukamulya mengadakan kegiatan pelatihan kepengurusan jenazah sekaligus pengkaderan kepada remaja putri dan ibu-ibu sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan. Narasumber dalam kegiatan ini adalah salah satu dosen dari IAIN Palangka Raya sekaligus pembimbing KKN Tematik Sukamulya, yaitu ibu Dr. Marsiah, M.A.

Tujuan dari adanya kegiatan pelatihan dan pengkaderan tersebut adalah untuk menyampaikan kepada remaja putri dan ibu-ibu pentingnya belajar mengurus jenazah. Mengurus jenazah sendiri adalah kewajiban umat Islam yang bersifat fardhu kifayah mulai dari memandikan sampai dengan menguburkan.

Adapun manfaat dari pelatihan dan pengkaderan ini adalah agar masyarakat lebih peka dengan keadaan lingkungan sosial dan meningkatkan kepedulian kepada sesama umat Islam. Dengan kita belajar kepengurusan jenazah, maka kita juga dapat turut membantu meringankan beban keluarga jenazah dan sebagai ungkapan belasungkawa atas musibah yang dialami.

“Kita di sini sama-sama belajar. Jadi, jangan takut untuk belajar kepengurusan jenazah, in syaa Allah kita akan mendapatkan pahala jariah dari apa yang kita lakukan” ucap bu Marsiah saat sesi diskusi berlangsung.

“Saya ingin sekali mengikuti pelatihan tentang kepengurusan jenazah, tetapi tidak tahu di mana. Saat remaja, saya tertarik untuk belajar hal tersebut, tetapi masih takut. Namun, semakin ke sini semakin paham dan akhirnya memberanikan diri untuk belajar. Jadi, alhamdulillah ada kegiatan pelatihan kepengurusan jenazah seperti ini” ungkap ibu Piyati setelah mengikuti kegiatan pelatihan kepengurusan jenazah secara perdana. Kegiatan pelatihan dan pengkaderan ini dilaksanakan satu kali dalam sebulan secara rutin. Semoga dengan adanya program atau kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kepedulian sosial masyarakat di Sukamulya. (M)

One thought on “Mahasiswa KKN Tematik Sukamulya Adakan Kegiatan Pelatihan Kepengurusan Jenazah dan Pengkaderan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.