Mahasiswa MBKM Adakan Kursus Membaca untuk Siswa SMP Negeri 1 Jabiren Raya

Membaca menjadi salah satu jenis kemampuan berbahasa melalui tulisan yang bersifat reseptif karena dengan membaca seseorang akan memperoleh informasi, ilmu pengetahuan, dan pengalaman-pengalaman baru yang belum pernah diketahui sebelumnya. Semua yang diperoleh melalui bacaan itu akan membuat orang tersebut mampu mempertinggi daya pikirannya, mempertajam pandangannya, dan memperluas wawasannya.

Sebagai wujud pengabdian kami kepada sekolah SMPN 1 Jabiren Raya, kami Mahasiswa program MBKM Asistensi Mengajar Fakutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan mengadakan kursus membaca untuk siswa yang masih belum bisa membaca secara fasih. Program kursus membaca ini kami laksanakan pada salah satu desa yang berada di Kabupaten Pulang Pisau, Kecamatan Jabiren Raya, Desa Jabiren, tepatnya pada sekolah SMPN 1 Jabiren Raya. Tujuan diadakannya kursus membaca ini adalah untuk meningkatkan minat baca pada siswa dan melatih siswa terbiasa untuk membaca. Di sekolah SMPN 1 Jabiren Raya banyak sekali siswa yang masih belum bisa membaca bahkan ada siswa yang belum bisa menulis dengan benar. Hal ini juga terjadi pada siswa kelas  IX. Di kelas IX ada satu siswa yang masih belum bisa membaca dan menulis secara benar bahkan tulisannya tidak layak untuk dibaca. Hal ini kemungkinan disebabkan pandemi COVID 19 yang meliburkan siswa selama kurang lebih 2 tahun. Selama kurang lebih 2 tahun siswa tidak pernah belajar secara tatap muka, hal ini yang kemungkinan menjadi penyebab melemahnya kemampuan baca tulis pada siswa.  Maka dari itu kami mengambil Tindakan secara langsung dengan mengadakan program kursus membaca. Rifai  mengatakan kegiatan ini dilaksanakan setelah pulang sekolah, yang diadakan setiap hari senin – rabu.

Program ini diharapkan dapat membantu siswa untuk mengembangkan minat baca tulis dan memotivasi siswa untuk terus belajar baca tulis. Selain itu, program ini diharapkam dapat membantu  siswa meningkatkan kemampuan membaca dengan benar dan lancar. Di samping itu program ini diharapkan membantu meminimalisir lemahnya kemampuan baca pada siswa. Harapannya program ini akan terus dilakukan oleh guru-guru SMPN 1 Jabiren Raya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.