FTIK KIRIM DOSEN MENGIKUTI PELATIHAN AUDIT MUTU INTERNAL

Perwakilan Fakultas Tabiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya, Muhammad Redha Anshari, S.E.I., M.H (Sekretaris Komite Penjaminan Mutu FTIK IAIN Palangka Raya) mengikuti kegiatan pelatihan Auditor Mutu Internal yang dilaksanakan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. di Hotel University Yogyakarta selama 4 hari, yaitu dari tanggal 15 Maret 2021 sampai dengan 18 maret 2021.

Pelatihan ini dihadiri oleh 79 orang perwakilan dari Perguruan Tinggi Keagamaan yang ada di Indonesia. IAIN Palangka Raya mengirimkan 5 orang perwakilan yang terdiri dari perwakilan tiap fakultas yang ada di IAIN Palangka Raya. Perwakilan tersebut berasal dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Fakultas Syariah, Lembaga Penjamin Mutu, dan dari Pasca Sarjana.

Pelatihan ini bertujuan untuk melatih Auditor dalam melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) di perguruan tinggi masing-masing. Pelatihan ini memperkenalkan Standar Internasional dalam menjaga kualitas atau mutu perguruan tinggi, yaitu ISO 9001:2015 dan ISO 19011:2018. Para peserta mendapatkan materi mengenai pelaksanaan SPMI dengan siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan) di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dengan materi yang diperoleh, dapat dijadikan tolak ukur perbandingan dengan pelaksanaan SPMI di perguruan tinggi masing-masing. Selain itu, para peserta juga mendapatkan kesempatan praktik menjadi auditor menggunakan aplikasi E-AMI yang dikembangkan oleh LPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Setelah mengikuti pelaksanaan pelatihan di Yogyakarta, pada hari Rabu tanggal 24 Maret 2021 diadakan pertemuan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan. Pertemuan dihadiri oleh berbagai pihak, mulai dari Pihak dekanat, Jurusan, sampai tingkat Prodi. Pada Pertemuan tersebut Muhammad Redha Anshari, S.E.I., M.H memaparkan tentang materi yang didapatkan dalam pelatihan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas atau mutu yang ada di setiap unit yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, khususnya dalam rangka pelaksanaan SPMI dengan Siklus PPEPP. Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan dan komitmen seluruh jajaran di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, terutama dalam usaha meningkatkan Kualitas Mutu yang ada di IAIN Palangka Raya, khususnya di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *