Dosen PGMI Se-Indonesia Kumpul di IAIN Palangka Raya

PGMI IAIN Palangka Raya baru saja menggelar seminar nasional bertema “Pengembangan KKNI Berbasis Kearifan Lokal Pada Program Pendidikan Dasar Islam, pada Sabtu (5/5) lalu. Bertempat di Aula IAIN Palangka Raya, even nasional itu menghadirkan 6 narasumber, Dr. Mohd. Rozi (IPG Kota Bharu Malaysia), Prof. Dr. H. Mohammad Ali, M.Pd., MA (Guru Besar UPI Bandung), Dr. H. A. Umar, MA (Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI), DR. Guntur Talajan (Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah), Dr. Fauzan, M.A (Ketua PD-PGMI Indonesia), dan Dr. Ibnu Elmi AS. Pelu, MH (Rektor IAIN Palangka Raya).

Berskala nasional, para peserta seminar juga datang dari berbagai penjuru tanah air. Tak kurang dari 60 dosen PGMI dari berbagai perguruan tinggi dari Sabang sampai Merauke turut hadir. Di samping para dosen, panitia juga mengundang guru-guru SD dan MI se-Kota Palangka Raya, juga mahasiswa PGMI dan PAI dari semua angkatan.

Menurut Asmawati, M.Pd, Kaprodi PGMI IAIN Palangka Raya sekaligus ketua panitia, seminar nasional seperti ini sebenarnya diadakan setiap tahun. “Namun berbeda dengan tahun sebelumnya, seminar nasional kali ini jauh lebih meriah. Karena sekaligus mau diakan pelantikan Pengurus Persatuan Dosen PGMI Wilayah Kalimantan. PGMI IAIN Palangka Raya terpilih sebagai tuan rumah.” Jadi, dosen-dosen PGMI dari berbagai daerah itu juga sebagai perwakilan pengurus di wilayahnya masing-masing.

Usai kegiatan seminar, siangnya diadakan penyajian makalah. Para dosen peserta itu mempresentasikan makalahnya masing-masing untuk nanti diterbitkan dalam prosiding.

Kegiatan berlanjut hingga malam. Rombongan dosen-dosen itu menghadiri acara ramah tamah oleh Walikota Palangka Raya, Dr. H. M. Riban Satia, S.Sos., M.Si di rumah jabatannya. Setelah itu diadakan pelantikan Pengurus PDPGMI Wilayah Kalimantan oleh Dr. Fauzan, M.A selaku ketua umum PDPGMI pusat. Acara terakhir adalah musyawarah di antara para pengurus pusat perkumpulan tersebut.

Esoknya, Minggu, para dosen itu mengikuti kegiatan outbond. “Setelah melewati jadwal yang padat sehari kemarin, hari ini mereka kami ajak relaksasi sambil menikmati udara pagi di kampus hijau ini,” ujar Sulistiyowati, M.Pd.I, dosen PGMI sekaligus sekretaris panitia. Setelah itu para peserta satu persatu pulang ke daerah masing-masing. (CP.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *